Guess How Much I Love You

Buku 01.Buku karangan Sam McBratney ini menceritakan tentang kelinci besar dan anaknya menjelang si anak tidur di malam hari. Sebelum membaca tulisanku, pembaca perhatikan ukuran kelinci kecil dan kelinci besar yang ada pada cover buku supaya bisa membayangkan tulisanku melalui imajinasi pembaca. Ukuran ini cukup penting untuk menyampaikan pesan tulisanku ini.

Kelinci besar yang aku sebut sebagai bapak kelinci diminta anaknya untuk menjawab tebakannya. Malam itu anak kelinci menanyakan, “Tebak, seberapa besar sayangku padamu?” Jawab bapak kelinci, “Oh, sepertinya aku belum bisa menebaknya.” Sebesar ini. Anak kelinci merentangkan kedua tangannya ke samping kiri dan kanan. Bapak kelinci membalasnya dengan merentangkan kedua tangannya juga ke samping kiri dan kanan sambil menjawab, “Sebesar ini sayangku kepadamu, anakku.” Wow banyak sekali seru anak kelinci terkagum.

Kemudian anak kelinci berdiri dengan kedua kakinya dan mengangkat kedua tangannya lurus ke atas setinggi-tingginya. Sambil berjinjit dia berkata, “Setinggi ini sayangku padamu.” Kemudian bapak kelinci melakukan hal yang sama sambil berkata setinggi ini juga sayangku padamu, anakku. Wow sungguh tinggi sekali. Seandainya aku punya lengan seperti itu, pikirnya.

Anak kelinci mendapatkan ide bagus. Dia membalikkan badannya dengan posisi kepala di bawah dan kakinya disandarkan lurus pada batang pohon sedang tangannya diluruskan sampai ke tanah. Dia berusaha menggapai-gapai pohon dengan kakinya. Dia katakan bahwa sepanjang kakinya inilah sayangnya pada bapak kelinci. Bapak kelincipun menggapai kedua tangan anaknya dan mengayunkan anaknya ke udara sambil berkata sepanjang kakimu inilah sayangku padamu, anakku.

Anak kelinci lalu melompat ke atas dan ke bawah sambil tertawa seperti lompatanku inilah sayangku padamu. Bapak kelinci pun melalukan hal yang sama. Dia melompat tinggi sampai kedua telinganya bisa menggapai cabang pohon. Seperti lompatanku inilah sayangku padamu. Lompatan yang baik pikir anak kelinci. Aku berharap semoga aku bisa melompat seperti itu.

Setelah itu anak kelinci mengajak bapak kelinci ke atas bukit dan menatap pemandangan alam di depan mereka. Sayangku padamu seperti jalan yang membentang dan menyusuri sungai yang berkelok-kelok jauhnya. Bapak kelinci menjawab, sayangku padamu seperti semua jalan sampai menyeberang sungai dan melewati bukit-bukit itu. Wah, itu sangat sangat jauh pikir anak kelinci tertegun.

Buku 02.

Dia sudah hampir tertidur untuk berpikir kembali, saat anak kelinci menatap di atas langit dan berpikir tidak ada yang lebih jauh dari langit di angkasa yang membentang dalam kegelapan malam. Dia berkata bahwa sayangnya pada bapak kelinci sejauh bulan yang ada di langit malam, katanya sambil jatuh tertidur. OH..itu sangat sangat jauh kata bapak kelinci sambil menggendong anak kelinci yang sudah tertidur di pangkuannya. Kemudian bapak kelinci membaringkan anaknya di tumpukkan daun. Bapak kelinci membungkuk dan mencium anaknya untuk mengucapkan selamat malam. Dia berbaring di samping anaknya sambil berbisik I love you right up to the moon – and back.

Ucapan bapak kelinci yang terakhir itulah yang membuatku hampir menangis. Dia menyayangi anaknya sejauh bumi ke bulan ditambah bulan ke bumi. Aku merasa seperti itulah orang tua kita menyayangi kita dengan caranya masing-masing. Cara yang mungkin baru kita mengerti saat kita sudah berusia dewasa. Saat kita sudah dewasa tinggal kita ambil yang baik serta positif dari orangtua kita dan lupakan serta maafkan hal yang negatif di masa lalu. Mungkin dulu kita pernah merasa kecewa, sedih, jengkel, dan marah pada orang tua kita. Bahkan bertengkar dan bersalah paham. Namun, aku selalu percaya orangtua kita menyayangi kita right up to the moon – and back.

 

Kasih Ibu kepada beta

Tak terhingga sepanjang masa

Hanya memberi, tak harap kembali

Bagai sang surya menyinari dunia

(S.M. Mochtar – Kasih Ibu)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s