Aku Baruku

Bali 1803 Aku

Suatu hari suami menanyakan perubahan perilaku pada diriku yang lebih banyak menyendiri dan lebih senang menghabiskan waktu di rumah. Perubahan ini kurasakan semenjak mengurangi eksis di FB bahkan lebih suka sebagai penonton daripada yang ditonton. Kenapa ya? Aku mikir…. Akhirnya aku menemukan alasannya. Aku sudah selesai dengan diriku sendiri, maksudnya bukan waktuku lagi untuk eksis dan tampil di depan. Masa laluku penuh dengan sesuatu yang show off dan pengen tampil. Meskipun itu kulalukan secara tidak sengaja, hanya mengalir dan langsung hadir saja. Aku pernah mengacungkan jari untuk membaca puisi, menari, menyanyi di depan banyak orang, menjadi dirigen paduan suara, menjadi solis di gereja, lektor, bahkan MC acara Kick Off kantor yang diselenggarakan di HardRock Café, Jakarta.

Hehe….. Dulu itulah hidup yang aku jalani. Sekarang sudah selesai. Aku adalah penonton yang baik. Tidak lagi menerima tugas sebagai dirigen, pembawa acara atau penyanyi di depan seorang diri dengan suara falsku. Aku menolak itu semua. Aku hanya ingin menonton. Terserah orang mau bilang aku sudah berubah dari orang narcis menjadi pasif. Suami bilang, “Jika itu bukan kamu, itu tidak akan bertahan lama. Suatu saat kamu pasti ingin tampil kembali, tinggal tunggu saja mana yang lebih kuat?”

Aku mengerti. Suami konsen hal itu karena dia khawatir aku tidak  bahagia dengan perubahan diriku ini. Namun bukankah Tuhan memberikan kehendak bebas pada manusia pada saat Beliau membentuk kita dari debu tanah? Jadi aku sadar sesadar-sadarnya bahwa perubahanku tetap menjadikan pribadiku yang ceria dan bahagia dengan sudut pandang yang berbeda. Aku siap hal ini akan berdampak tidak banyak orang mengenalku. Tidak banyak orang sadar akan kehadiranku. Tidak banyak orang mengingat apa yang aku lakukan. Aku siap dengan itu semua. Karena aku merasa sudah selesai dengan diriku yang narcis dan ingin tampil.

Jika pembaca kangen dengan diriku, aku masih hadir di blogku. Sebuah rumah yang bisa diakses siapa saja yang memang mau mengenal diriku lebih dekat.

Bali 1803 Novotel

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s